Betun, KontasMalaka.com, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang atau yang lazim dikenal Kantor SAR menggelar pelatihan teknis potensi SAR Medical First Responder (MFR) di Kabupaten Malaka. Kepala Kantor Sar (Kakansar) Kupang, Nanang Sigit, PH, S.Ip, MM menyebut Kabupaten Malaka sebagai daerah yang memiliki potensi kerawanan.

Kakansar Kupang, Nanang Sigit dalam keterangan persnya usai membuka pelatihan teknis potensi SAR MFR di Hotel Nusa Betun, Kabupaten Malaka, Senin (9/9/24) pagi mengatakan Kabupaten Malaka sebagai daerah yang perlu mendapat perhatian Kantor SAR karena memiliki potensi kerawanan.

Inilah alasannya, Malaka menjadi tempat pelatihan teknis potensi SAR MFR, karena punya potensi kerawanan, karena sebagai daerah yang sering dilanda banjir akibat luapan Sungai Benenain dan terletak di pesisir pantai Laut Timor. Dengan demikian, upaya pencarian dan pertolongan kepada orang di wilayah Malaka bisa efektif setelah adanya pelatihan saat ini.

Dijelaskan, Malaka jauh jangkauan Kantor SAR Kupang dan Pos Unit SAR Atambua di Kabupaten Belu. Sehingga, diinisiasi pelatihan untuk melatih relawan atau potensi SAR di Kabupaten Malaka. Pelatihan ini berkaitan dengan hal-hal pokok dan dasar MFR, yang mana para peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan bagaimana melakukan penanganan awal kepada korban.

Para relawan bisa menangani korban mengalami kedaruratan dan ditangani lebih awal karena sudah dibekali melalui pelatihan sebelum tim Kantor SAR Kupang tiba di lokasi kejadian. Karena, tim SAR Kupang turun ke lokasi ketika membutuhkan upaya yang lebih besar. “Kita harapkan para relawan memiliki pengetahuan dan terampil melaksanakan pencarian dan pertolongan orang,” kata Nanang Sigit sambil menambahkan dalam pelatihan ini pun akan dilakukan simulasi pencarian dan pertolongan korban.

Untuk diketahui, pelatihan teknis potensi SAR MFR berlangsung selama sepekan dengan melibatkan para relawan dan potensi SAR di antaranya TAGANA Dinas Sosial Kabupaten Malaka, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Malaka, Tim Siaga Bencana Desa, Babinda, Babinkamtibmas.

Sedangkan, para pejabat lingkup Pemkab Malaka yang hadir dalam acara pembukaan pelatihan tersebut di antaranya Kalak BPBD, Stefanus Nahak Klau, S.Pi, Kadis Sosial, Marselina Klau, S.Ip. Dan pejabat TNI, Danramil 1605-04 Betun, Mayor (Inf) A. Hartono. (*)